Tugas APSI 1 - Sistem Informasi Coursera


Coursera adalah platform pembelajaran online yang didirikan oleh dua profesor Stanford, Andrew Ng dan Daphne Koller yang menawarkan kursus, spesialisasi, dan gelar. Coursera bekerjasama dengan universitas-universitas dan organisasi-organisasi lainnya untuk penawaran kursus online, spesialisasi, dan gelar untuk berbagai bidang.


Analisis Sistem Informasi pada Coursera

  1. Transaction Processing Systems

    Sistem pemrosesan transaksi adalah sistem pemrosesan informasi untuk transaksi bisnis yang melibatkan proses pengumpulan, modifikasi, dan temu kembali semua data transaksi.

    Pada Coursera, proses transaksi terjadi ketika user mendaftar kelas (enroll course) atau ketika user melakukan transaksi pembayaran untuk sertifikasi.



    Sedangkan pihak yang terlibat dalam Transaction Processing System adalah user, web developer, penyedia course.

  2. Management Information Systems

    MIS adalah metode penggunaan teknologi untuk membantu organisasi untuk me-manage resource dan membuat keputusan dengan lebih baik. MIS menjembatani antara ahli computer science dengan ahli managemen bisnis.

    Pada Coursera, MIS berupa informasi mengenai statistik jumlah kelas, pertambahan jumlah user, jumlah peserta kelas, serta informasi-informasi lain. Pihak yang terlibat dalam Management Information Systems antara lain business development officer, media planner, sales account executive.
  3. Decision Support Systems

    DSS adalah sistem interaktif berbasis komputer yang memberikan layanan pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh manager dengan menyediakan informasi-informasi yang memungkinkan manager mengambil keputusan.

    Pada Coursera, DSS juga berupa informasi yang memudahkan user untuk memutuskan pengambilan kursus dengan daftar rekomendasi kursus.


    Selain user, pihak yang terlibat dengan DSS adalah Chief Accounting dan Chief Information Officer.
  4. Executive Information Systems

    EIS adalah jenis sistem pendukung managemen yang memfasilitasi dan mendukung kebutuhan informasi senior executive dan pengambilan keputusan.

    Pada Coursera, pihak yang terlibat dengan Executive Information Systems adalah Chief Executive Officer.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber:
https://www.techopedia.com/definition/707/transaction-process-system-tps
https://www.wisegeek.com/what-are-management-information-systems.htm
https://www.managementstudyhq.com/types-of-decision-support-systems.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Executive_information_system

Komentar